SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI ANDALEH

Artikel

FALSAFAH HIDUP ORANG MINANGKABAU. bag. 2

26 Desember 2021 23:41:23  Gusti Yodi  179 Kali Dibaca  Berita Desa

LAHIRNYA SISTEM ADAT ALAM MINANGKABAU. Bagaimana Rumusan Adat Alam Minangkabau sesuai ABS-SBK ?

Oleh : YULFIAN AZRIAL, Ketua BKKP Nagari Adat Minangkabau.

Adat Alam Minangkabau merupakan aturan adab atau norma norma yang dirumuskan berdasarkan mufakat para pemimpin masyarakat Minangkabau sejak zaman dahulu hingga sekarang, yang di dasarkan pada mungkin dan patut, bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan kenyamanan hidup masyarakatnya secara lahir maupun bathin, dan telah diwariskan dari generasi ke generasi yang di ikuti dan di patuhi oleh setiap anggota masyarakat.

Disamping adat nan empat, yang sudah sangat populer di tengah masyarakat yaitu Adat nan sabana adat, Adat nan di adatkan, Adat nan teradat dan Adat istiadat, Pembahasan ini di fokuskan pada Hablum minallah dan hablum minan nas. Hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan hubungan antara manusia dengan manusia.

1. Adat Sambah Manyambah

Adat sambah manyambah yaitu adat yang di rumuskan untuk mengatur tata cara berhubungan antara manusia dengan Allah SWT. Hablum minallah. Tata krama, sikap, perilaku atau adab sopan santun manusia selaku makhluk dalam berhubungan dengan sang penciptanya, yaitu Allah SWT, Tuhan semesta alam.

Cupak si talago panuah, isian gantang si maharajolelo, bagantuang di tali taguah, nan bana tampek picayo.

2. Adat baso jo basi.

Adat baso jo basi adalah adat yang dirumuskan untuk menjalin hubungan psikologis dengan sesama manusia secara umum. Atau dalam istilah syaraknya yaitu Hablum Minannas. Yaitu tata cara berhubungan atau adab sopan santun antara manusia dengan manusia lainnya.

Nak luruih rantangkan tali, nak kayo kuek mancari, nak haluih baso jo basi, nak tinggi naiak kan budi.

Nan kuriak iyolah kundi, nan sirah iyolah sago, nan baiak iyolah budi, nan indah iyolah baso.

Jan barundiang basikasek, usah bakato basikasa, jan bataratik bakato asiang, usah mahariak mahantam tanah. Jan babana ka ampu kaki, usah babanak ka pangka langan. Pandai maagak maagiahkan, pandai manyamo maratokan. Budi baiak baso katuju, muluik manih kucindam murah. Elok dek awak, katuju dek urang.

Anak urang koto hilalang, nak lalu ka pandai sikek. Malu jo sopan kalau lah hilang, bak kayu lungga pangabek. Kuek rumah karano sandi, rusak sandi rumah binaso. Kuek bangso karano budi, rusak budi bangso binaso.

3. Adat siriah jo pinang.

Adat siriah jo pinang yaitu makna yang di simbolkan oleh bagian ulu dari keris pangulu. Adat siriah jo pinang di rumuskan sebagai tata cara untuk menyampaiakan sesuatu antara satu komunitas dengan komunitas lainnya. Yaitu tata cara yang telah menjadi kebiasaan dalam menjalin hubungan psikologis, serta hubungan sosio antropologis antar kelompok manusia secara khusus. Tujuan dari hal ini masih untuk penyempurnaan amalan hablum minannas.

Karena masyarakat terus berkembang, dan memiliki ciri yang khas, maka adat siriah jo pinang ini akhirnya juga menjadi salah satu identitas budaya yang membedakan orang Minangkabau dengan suku yang lain. Secara umum, dasar adat siriah jo pinang ini adalah alua jo patuik, yaitu bagaimana hubungan antar kelompok masyarakat di lakukan secara proporsional sesuai konteksnya.

Diasah bana ameh lancuang, kilau timbago nampak juo. Balagak cadiak urang binguang, ronggongnyo jaleh di bicaro. Barek dek urang ka mamikua, ringan dek urang ka manjinjiang. Kok lalu karano tukua, puncak biaso patah puntiang.

Suatu kemampuan cerdas yang merupakan gabungan sifat Cadiak, Tau dan Pandai.

SISTEM KEKERABATAN DAN FORMAT KEPEMIMPINAN ALAM MINANGKABAU. Bagaimana orang Minangkabau menata hubungan antara sesama manusia selaku khalifah Allah SWT ?

Kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka mupakaik, mupakaik barajo ka nan bana, nan bana tagak ka nan sandirinyo.

Adab manuntuik ilmu : Tambilang di baliak lansek, Tasisiak di lambai lambai. Di bilang sado nan dapek. Nan tingga untuak nan pandai. Terima kasih ( gy )

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Nagari

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Kampuang tangah Nagari Andaleh,Kecamatan Luak,Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : ANDALEH
Kecamatan : Luak
Kabupaten : Limapuluh Kota
Kodepos : 26261
Telepon :
Email : nagariandaleh01@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:57
    Kemarin:60
    Total Pengunjung:40.244
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.25.113
    Browser:Tidak ditemukan