SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI ANDALEH

Artikel

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak Nagari Andaleh

16 November 2021 10:48:57  Gusti Yodi  76 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertempat di Balai Adat Nagari Andaleh, Selasa hingga Kamis 16 sampai 18 November 2021, Kerapatan Adat Nagari Andaleh ( KAN Andaleh ) mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak Nagari Andaleh. Acara yang di hadiri seluruh pemangku adat di nagari Andaleh ini di gelar selama tiga hari dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidangnya.Dalam kesempatan ini Sekretaris KAN Nagari Andaleh, Ali Anhar Dt Lelo Menjelaskan, Pelatihan ini merupakan agenda tahunan yang di gelar oleh KAN Andaleh bekerja sama dengan Pemerintah Nagari Andaleh.

Lebih lanjut di pertegas oleh Ketua KAN Andaleh, Nurhasiswan Dt Marajo Sati, " Tema kegiatan kita kali ini yaitu SINERGISITAS HUKUM ADAT DAN HUKUM POSITIF DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. Nara sumber kita hadirkan dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian di bidangnya masing masing di antaranya AKBP Alek Prawira, SH. SIK Kapolresta Payakumbuh, Zulhikmi Dt Rajo Suaro Ketua LKAAM Lima Puluh Kota, Desembri Chaniago SH.MA, Tokoh Masyarakat Lima Puluh Kota yang juga Ketua Majelis Ulama Nagari Andaleh ( MUNA ). Dan di hari terakhir nanti akan di isi oleh Yus Dt Parpatih, Ketua Balerong Grup Jakarta yang merupakan tokoh adat Minangkabau. Tema Adat Sabatang Panjang akan di uraikan oleh Yus Dt Parpatiah."

Wawancara singkat ini,di tutup dengan himbauan dari ketua KAN Andaleh kepada seluruh masyarakat Nagari Andaleh agar dapat hadir berbondong bondong menyaksikan Pituah Adat yang akan di sampaikan oleh Yus Dt Parpatiah pada Hari Kamis 18 November 2021 di Masjid Raya Mutaqaddimin Andaleh setelah sholat zuhur. " Ayok hadiri dan ramaikan, Pituah Adat betema Adat Sabatang Panjang, terbuka untuk umum." imbuh beliau menutup pembicaraan.

Berikut ini di sampaikan rundown acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak Nagari Andaleh. Hari Pertama di mulai dengan pembukaan dan di lanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Kasat Reskrim Polres Payakumbuh AKBP Donny Setiawan mewakili Kapolresta Payakumbuh. Ba'da zuhur, penyampaian materi kedua oleh Zulhikmi, Dt Rajo Suaro. Hari Kedua di awali dengan sidang pleno Penetapan Keputusan Adat Nagari Andaleh, di lanjutkan dengan materi Harmonisasi Hukum Adat Minangkabau di Era Milenium dan Internalisasi Hukum Islam dan Hukum Adat di Nagari Andaleh yang di jadwalkan setelah ishoma. Materi ini akan di uraikan oleh Desembri Chaniago SH MA. Hari terakhir pelatihan, di luangkan waktu seluas luasnya kepada Yus Dt Parpatiah dari pagi hingga siang. Diawali dengan Pituah Adat dengan tema yang sama di Balai Adat nagari Andaleh dan setelah ishoma di lanjutkan dengan ceramah terbuka untuk umum di Masjid Raya Mutaqaddimin Andaleh. ( gy )

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Nagari

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jorong Kampuang tangah Nagari Andaleh,Kecamatan Luak,Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : ANDALEH
Kecamatan : Luak
Kabupaten : Limapuluh Kota
Kodepos : 26261
Telepon :
Email : nagariandaleh01@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:82
    Kemarin:53
    Total Pengunjung:30.075
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.91.0.112
    Browser:Tidak ditemukan